10 Rekomendasi Pondok Pesantren di Jawa Barat



Pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan yang berbasiskan keislaman. Didalam pondok pesantren terdapat suatu metode pendidikan yang berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya. Pondok pesantren saat ini sudah banyak, dan ada dimana-mana. Di Jawa Barat saja sudah terdapat lebih dari 1000 pondok pesantren.
            Mungkin diantara kawan-kawan semua ada yang sedang mencari pondok pesantren untuk anak, adik, saudara bahkan untuk diri sendiri. Disini, saya sudah mencari pondok pesantren di Jawa Barat yang saya rekomendasikan buat kawan-kawan semua yang sedang melakukan pencarian.
10 rekomendasi pondok pesantren di Jawa Barat ini saya ambil dari beberapa indikasi diantaranya ialah peran alumni, metode, pendalaman materi, dan juga kualitas pendidik disana. Penasaran pondok pesantren mana saja yang saya rekomendasikan ? ini dia 10 rekomendasi pondok pesantren di Jawa Barat.

1.      PONDOK PESANTREN DARUSSALAM CIAMIS
Pondok pesantren yang terletak di kecamatan Cijeungjing ini menjadi pondok pesantren yang saya rekomendasikan di awal karena apa ? saya sendiri pernah merasakan 3 tahun mesantren disini. Pendidikan di pondok pesantren Darussalam Ciamis ini mencampurkan kemodern-an dan juga ketradisionalan.
       Pondok pesatren ini memiliki konsentrasi terhadap 3 hal, antara lain ialah kitab-kitab klasik dalam bahasa lainnya adalah kutubutturats, lalu menghapal al-Qur’an dan bahasa. Sejatinya pondok pesantren ini ialah pondok pesantren Tradisional, namun seiring berjalannya waktu masuk lah nilai-nilai ke modern-an di pondok pesantren ini.
       Pondok pesantren ini berada di kecamatan Cijeunjing Kabupaten Ciamis Jawa Barat, lembaga pendidikan yang dinaungi oleh pondok pesantren ini antara lain RA (Raudatul Athfal), MI (madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyyah), MAN (Madrasah Aliyah Negeri), SMA Plus, dan IAID (Institut Agama Islam Darussalam) untuk lebih jelasnya silahkan klik DISINI.





2.      PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN AL-FALAH CICALENGKA NAGREG BANDUNG
Dari namanya kita bisa mengetahui pembelajaran yang difokuskan oleh pondok ini ialah Al-Qur’an antara lain tilawah Al-Qur’an dan tahfidz Al-Qur’an. Banyak sekali alumni dari pondok pesantren ini yang berhasil menjadi kiyai terkhusus kiyai di bidang tilawah dan tahfidz Al-Qur’an.
Selain fokus mempelajari itu, pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah ini juga memberikan pembelajaran kutubutturots kepada santri-santrinya. Jadi, selain bisa membaca Al-Qur’an dengan ini, santri disini juga pandai dalam membaca kitab kuning.
Tingkatan lembaga di pondok pesantren ini terdiri dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pondok pesantren ini terletak di dua tempat yakni kampus satu di Cicalengka kabupaten Bandung sementara kampus 2 terletak di daerah Nagreg kabupaten Bandung. Untuk lebih lengkapnya silahkan klik DISINI.

3.      PONPES MIFTAHUL HUDA MANONJAYA TASIKMALAYA
Pondok pesantren yang sudah menjadi ikon Tasikmalaya ini adalah pondok pesantren yang menitik beratkan pada pembelajaran Kutubutturots, santri-santri disini pandai sekali dalam membaca kitab-kitab klasik, tidak hanya membaca santri disini sudah tidak diragukan lagi kemampuan menelisik struktur kata atau gramatika pada kitab yang dia baca.

BACA JUGA : PROSES PENCIPTAAN MANUSIA MENURUT ISLAM

Alumni pondok pesantren ini sudah tidak diragukan dalam kemampuannya dan pengetahuannya tentang agama. Lebih jelasnya pondok pesantren ini tidak pernah gagal dalam mencetak kader bangsa dan negara.

4.      PONPES MODERN AL-BASYARIYAH CIGONDEWAH BANDUNG
Orang Bandung pasti sudah tidak sangsi lagi dengan pondok pesantren Modern ini, pondok pesantren yang berhasil mencetak para alumni yang tidak hanya pintar dalam agama tapi juga pintar dalam berbahasa asing terutama bahasa arab dan inggris.Pada saat ini Pondok Pesantren Al-Basyariyah telah memiliki empat kampus, yaitu:
  1. Kampus 1 di Cibaduyut, Kota Bandung
  2. Kampus 2 di Cigondewah Hilir, Margaasih, Kab. Bandung
  3. Kampus 3 di Arjasari, Kab. Bandung
  4. Kampus 4 di Cikungkurak, Caringin, Kota Bandung
Untuk lebih jelasnya silahkan klik DISINI


5.      PONPES UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR
Terletak di kecamatan leuwiliang, pondok pesantren ini memiliki fokus dalam pengembangan bahasa. Santri di pondok ini sudah banyak, dan alumninya sudah tidak diragukan lagi. Kemahiran santri dalam berbicara dengan bahasa Inggris dan Arab sudah tidak bisa digarugakan lagi.
Pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1993 ini juga terkenal dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan bangunan-bangunan yang menjulang. Untuk info lebih jelasnya silahkan klik DISINI.



Itulah 5 pondok pesantren yang dirokemendasikan untuk kawan-kawan semua, masih penasaran pondok mana lagi yang di rekomendasikan ? tunggu besok yah


BACA : 10 PONDOK PESANTREN YANG DIREKOMEDASIKAN NO 6-10

Komentar