Filosofi Kehidupan Dalam Game Harvestmoon

siapa yang tidak kenal dengan game "Harvestmoon: back to nature" semua anak kelahiran tahun 90-an pasti tau game ini. game yang hanya dapat dimainkan di playstation 1. game yang berkisahkan tentang seorang petani di mineral town yang mendapat tantangan untuk merawat kebun yang ditinggalkan oleh kakeknya. tantangan pada game ini tidak terlalu lama hanya 3 tahun masa game itu dia harus bisa mengembalikan kejayaan kebun sang kakek. sampai akhirnya dia dihadapkan pada dua pilihan dia sukses dan menjadi pemilik tetap kebun itu atau dia gagal dan harus diusir dari kebun itu.
Itulah cuplikan singkat dalam game harvestmoon back to nature, namun apakah kawan-kawan tahu ternyata dibalik game yang superhebat itu terdapat banyak makna dalam kehidupan yang harus kita ketahui kawan.
antara lain makna yang sangat terkandung dalam game ini ialah:
1. perjuangan hidup
dalam game ini kita akan mengenal istilah perjuangan hidup agar menjadi seorang yang sukses dan kaya raya. game ini mengajarkan kita untuk bekerja keras ulet dan total dalam mengelola setiap detik kehidupannya, game ini juga mengajarkan kita untuk tidak cepat menyerah dalam menuntaskan tantangan hidup dari sang mayor.
2. kehidupan yang berproses
game ini mengajarkan kita tentang proses dalam kehidupan, yang asalnya dia hanya tinggal seorang diri bermodalkan 500g (mata uang harvestmoon BTN) sampai kaya raya memiliki sapi, ayam, domba dan kebun yang luas.  prosesnya juga tidak mudah mulai dia harus memanfaatkan uangnya sebaik mungkin dengan membeli hal yang paling dibutuhkan dan menguntungkan sampai mengolahnya agar mendapatkan keuntungan berlipat ganda, lalu naik dengan membeli hewan paling dibutuhkan dan ekonomis. yah inilah proses kehidupan yang harus kita nikmati waktu demi waktunya.
3. utamakan interaksi sosial
salah satu faktor kesuksesan dalam game ini dimana kita bisa untuk berinteraksi dengan lingkungan kita utamanya di mineral town, semakin kita baik berinteraksi dengan warga sekitar semakin baik pula pandangan orang lain kepada kita. Dan ternyata hal itu juga sangat bermanfaat dalam kehidupan kita, semakin baik interaksi sosial kita semakin juga dekat kita dengan kesuksesan karena dengan interaksi sosial kita akan mendapat banyak bantuan dalam kehidupan, baik itu dalam pekerjaan ataupun dalam bermasyarakat.
4. memanfaatkan waktu sebaik mungkin
waktu adalah hal yang paling penting dalam kehidupan kita begitupun dalam game Harvestmoon ini, apabila kita dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin maka produktiv lah hidup kita, dan ternyata itu sangat tepat sekali dalam kehidupan nyata kita.

itulah teman-teman semua sedikit mengenai game harvestmoon back to nature, teruslah menggali potensi positif dalam setiap aspek kehidupan kita walaupun hanya dari sebuah permainan, semakin kita mendapatkan hal yang positif semakin kita bisa melaju menuju kesuksesan.

Komentar