Cara Menyembuhkan Stres Dengan Cepat

Dalam kehidupan ini sering terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita, baik sifatnya berat maupun ringan tapi tidak bisa dipungkiri ini merupakan sebuah beban. Fenomena ini sering melanda setiap orang. Para psikolog menamakan fenomena ini sebagai stres.
Kita pasti sering mendengar kata ini namun kita seringkali tidak mengetahui definisi istilah stres ini. Menuru kamus besar bahasa Indonesia stres ialah gangguan atau kekacauan mental dan emosional. Gangguan ini bisa didapat dari berbagai hal baik dari dalam tubuh kita misal fikiran, halusinasi yang berlebihan ataupun penyakit. Atau yang berasal dari luar tubuh kita yakni gangguan dari orang terdekat, tekanan dari tempat kerja, maupun gangguan makhluk ghaib.
Stres bersumber dari beberapa faktor dalam tubuh kita yakni kecemasan, kemarahan, agresi, apati, depresi, dan gangguan kognitif lainnya. Selain itu faktor diri kita sendiri yang tidak bisa  mengendalikan diri dalam menyalurkan emosi juga sangat berpengaruh terhadap stres. Akibatnya gangguan dalam alam fikir kita menyebabkan kita cemas bahkan bisa sampai melemahkan kondisi fisik kita.
Islam memiliki cara sendiri terhadap stres ini. cara ini sudah mutakhir dan dipakai oleh para psikolog Islam untuk mnyembuhkan pasiennya, dan cara ini dapat digunakan ketika seseorang butuh ketenangan atau penyembuhan stres dengan cepat.
Berikut ini cara-caranya :
1.      Mulailah dengan mengendalikan emosi.
Mengendalikan emosi merupakan hal yang paling mendasar dalam pengendalian kejiwaan kita, karena apa ? karena ketika kita sudah bisa mengendalikan emosi kita minimal kita meredam kemarahan atau kecemasan dalam tubuh kita, maka kita bisa masuk kedalam dimensi baru dalam pengobatan stres ini.
2.      Bersujud lah dan atur pernafasan.
Sujud merupakan gerakan yang paling mudah kita lakukan terutama umat Islam. Ternyata sujud memiliki khasiat yang luar biasa dari segi medis, diantaranya ialah mengalirkan peredaran darah dengan cepat kepada otak.
      Otak merupakan anatomi inti dalam tubuh manusia, otak juga menjadi penanda akan hidup matinya seseorang. Apabila kinerja otak telah berhenti total maka positif seseorang dikatakan meninggal.
      Hal ini pula yang mendasari kita agar ketika stres melakukan sujud dan melakukan pernafasan, agar tubuh kita dapat mengalirkan darah dan oksigen dengan lancar ke otak kita dan keseluruh tubuh. Lakukan gerakan ini selama 7-10 detik dan duduklah. Apabila masih terasa pusing atau tekanan pada kepala kita lakukan itu berulang 3-5 kali.
3.      Meditasi dan bertafakur dengan mengingat Allah.
Setelah kita melakukan sujud dan tekanan pada kepala sudah mereda, lakukanlah meditasi ini agar tekanan pada hati kita atau batin kita juga mereda. Selain itu hal ini juga membuat jiwa kita semakin tenang dan mengusir jauh-jauh goncangan pada jiwa kita dan otomatis akan menghilangkan stres kita.
Bagaimanakah cara melakukan meditasinya ?
Caranya ialah memulai duduk sila dengan tegak, meluruskan tulang belakang kita dan menutup mata kita. Jangan lupa untuk mengingat nama Allah, dan kita harus fokus pada satu titik itu. tidak lupa juga untuk kembali melakukan pernafasan agar oksigen mengalir dengan stabil dalam diri kita. Dan rileks lah lepaskan semua beban juga penat yang anda rasakan.
4.      Berwudhu
Yang terakhir ialah berwudhu, setelah jiwa kita mendapat ketenangannya kembali dari dalam kini kita tinggal basuh diri kita untuk mendapat ketengan dari luar, air yang kita dapat dari wudhu membuat diri kita begitu rileks, dingin yang kita dapatkan memberikan sensasi ketenangan yang luar biasa.
Itulah empat hal yang harus kita lakukan ketika kita membutuhkan ketenangan yang cepat. Hal ini bisa kita lakukan ketika kita sedang pusing akan tugas, mendapat tekanan berlebih secara mendadak, kelelahan dikantor, atau bahkan ketika ekspektasi yang kita dapatkan tidak sesuai realita yang ada. Cobalah mulai dari empat hal diatas, kalau ada penambahan juga boleh.

Komentar