Agustinus dari Hippo (dalaam bahasa
latin disebut Aurelius Augustinus Hipponensis) lahir pada tanggal 13
November 354 dan meninggal pada tanggal 28 agustus 430 pada umur 75
tahun.Agustinus adalah seorang filsuf dan teolog kristen,awal tulisannya
mempengaruhi perkembangan kekristenan barat dan filsafat barat.Ia dipandang
sebagai salah seorang bapak gereja terpenting dalam kekristenan barat karena
tulisan-tulisannya pada era patristik.
Agustinus mempunyai tempat tersendiri dalam sejarah
filsapat.Mungkin penamaan abad augustinus (The age of augustine) seperti yang
ditulis oleh mayer dalam bukunya disebabkan oleh augustinus telah meletakan
dasar-dasar bagi pemikiran abad pertengahan mengadaptaskan platonisme dengan
idea-idea kristen.Ia telah memberikan formulasi yang sistematis tentang
filsapat kristen,sesuatu filsapat yang dominan pada katolik dan protestan.
Stuart Hampshire dalam intoduksi
bukunya,Tha Age of Reason,menyatakan bahwa filsapat adalah suatu kegiatan pikir
manusia yang bersinambung.Pikiran seorang tokoh pada masa tertentu baru jelas
dipahami setelah melihat hubungannya dengan pemikiran-pemikiran sebelumnya
(Hampshire,1956:11).Kalau demikian,maka beberapa pemikiran sebelum Augustinus
perlu dibicarakan lebih dulu.Mungkin saja pemikiran itu merupakan latar
belakang pemikiran Augustinus.Disini dibicarakan secara singkat sumber filsapat
kristen,golongan apologis,Clement,Origen,bapak-bapak gereja barat,dan setelah
itu barulah augustinus dibicarakan.
Sumber
Filsapat Kristen
Filsapat kristen yang banyak mendominasi abad pertengahan banyak
berhutang budi pada pola-pola pemikiran yunani dan romawi.Ini tidak berarti bahwa
teologi kristen sekadar meminjam pemikiran itu.Lebih dari itu,pemikiran lama
itu disintesis serta diberi pengertian baru yang supernatural.
Pada masa permulaan kristen,doktrin tentang kepercayaan tidak
rumit.agama diliputi oleh harapan akan datangnya kembali yesus
kristus.Pengikut-pengikut kristen tidak tertarik pada problem-problem
teologi.Akan tetapi,begitu agama kristen meluas dan mengadakan kontak dengan
dunia yunani,timbulah kebutuhan akan suatu formulasi baru yang definitif
tentang dogma-dogma.Formulasi itu dipandang perlu,pertama karena banyaknya
muncul perbedaan pendapat yang menuju timbulnya pertikaian dan
pemberontakan,kedua formulasi itu perlu melayani serangan dari para filosof
kafir yang memandang kristen sebagai suatu kepercayaan takhayul serta lebih
rendah dari pada filsapat yunani.Formulasi itu diperlukan untuk mengimbau
masyarakat terpelajar kepada agama kristen.Tak pelak lagi,suasana ini tentulah
merupakan salah satu pendorong timbulnya filsapat kristen.
Pengaruh neo-platonisme,seperti doktrin tuhan yang
transendens,kejahatan hukum realitas,ketinggian kedudukan jiwa,tidak tepatnya
penjelasan ilmiah tentang alam semesta,semuanya ini dapat menjadi sumber
pembentukan filsapat kristen.
BACA JUGA : FILSAFAT THOMAS AQUINAS
Golongan
Apologis
Orang-orang Apologis menggunakan filsapat yunani untuk membela
injil.Mereka ini antara lain ialah Justin Martyr,Minucius felix,dan
Lactancius.Justin Martyr telah mempelajari filsapat
stoa,aristoteles,pythagoras,dan plato.Ia berpendapat bahwa filsapat yang digabung
dengan idea-idea keagamaan akan menguntungkan.Ia berpendapat bahwa esensi
pengetahuan ialah pemahaman tentang tuhan.Ia menyamakan kritus dengan
logos,tetapi kadang-kadang ia menggunakan istilah ini sebagai pemikiran
ilahiah.Menurut pendapatnya,pikiran kita berasal dari logos ilahiah.oleh karena
itu,semakin banyak kita memikirkan kesempurnaan tuhan,akan semakin bertambah
kemampuan intelek kita.Ia mengatakan bahwa supremasi kristus tercapai karena ia
telah mencapai kebenaran yang utuh.
Clement
Clement yang dimaksud disini ialah clement dari alexandria,lahir
pada tahun 150 dan meninggal pada tahun 215.Masa ini adalah masa pembentukan
teologi kristen.
Menurutnya,kehidupan
moral bukan dipimpin oleh perbuatan yang bukan-bukan,melainkan oleh idea-idea
yang rasional.Ia tidak menganjurkan kehidupan celibat.secara umum Clement
menekankan idea moralnya pada inner motive (motif yang terdapat didalam
diri sendiri).
Menurut
Clement,tuhanitu diluar kategori ruang dan waktu,jadi tuhan itu
transendens.Pengetahuan yang bagaimanapun tingginya tentang tuhan,selalu
merupakan pengetahuan yang tidak memuaskan.esensi tuhan itu diluar jangkauan
pemikiran rasional,tetapi yang dapat dipahamo tentang tuhan adalah
sifatnya,bukan esensinya,bukan hakikat zatnya.Bahkan pengetahuan manusia
tentang sifat tuhan itu pun bukanlah pengetahuan yang tuntas sebab semua sifat
tuhan juga esensial.Karena itulah clement mengajarkan bahwa pengetahuan tentang
tuhan haruslah dicapai melalui logos,bukan dengan akal rasional.melalui logos
tuhan memperlihatkan kuasanya,melalui logos pula tuhan mencipta alam
semesta,dan melalui logos juga manusia dapat mengenal tuhan.Logos digunakan
clement sebagai jembatan antara dunia spiritual dan dunia material.
Agustinus Riwayat hidup ringkas
Agustinus lahir di Tagasta,Numidia (sekarang Algeria),pada 13
november 354.Ayahnya,Patricius,adalah seorang pejabat pada kekaisaran
Romawi,yang tetap kafir sampai kematiannya pada tahun 370.Ibunya Monica
(Monnica),adalah penganjt kristen yang amat taat.dalam bahasa latin Augustinus
dikenal dengan nama Aurelius Augustinus.Pendidikan yang mula-mula diterimanya
ialah dalam bidang gramatika dan aritmetika.Ia sangat benci kepada gurunya yang
menggunakan hukuman dalam metode mengajar.Bahasa yunani dibencinya sehingga ia
tidak mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang bahasa itu.
Tatkala berumur 11 tahun,ia dikirim kesekolah madaurus,suatu tempat
orang kafir atau sebutlah lingkungan kafir.Lingkungan itu telah mempengaruhi
perkembangan moral dan agamanya sementara ibunya selalu mendoakan agar anaknya
itu menerima ajaran kristen. Keinginan ibunya ditulis oleh Augustinus dalam bukunya confessions,yang
bila diterjemahkan kira-kira berarti “pengakuan”atau “sahadat”.Tahun 369-370
dihabiskannya dirumah sebagai penganggur,tetapi suatu bacaan tentang Cicero
pada bukunya,Hortensius telah membimbingnya ke filsapat.
Pada
tahun 370,karena bantuan kawannya,Romanianus ia pergi ke Kartago.Disana ia
tinggal bersama seorang guru wanita yang melahirkan seorang anak untuknya yang
bernama Adeodatus pada taun 371.Disana ia menjadi seorang Manichean,yaitu suaru
ajaran agama yang mengajarkan bahwa mani adalah nabi yang terakhir,benar-benar
sebagia juru selamat yang dijanjikan oleh kristus.Ia lahir dipersia tahun
216.Pada tahu 373-374 ia mengajar di Tagasta,dan sembilan tahun berikitnya ia
mengajar di Kartago.Kemudian ia pindah ke Roma,dan disana ia mendirikan sekolah
netorika,dan iapun meninggalkan ajaran mani,lalu menjadi seorang
skeptis.Setahun kemudian ia mendirikan sekolah di Milan.
Ada beberapa pengaruh yang diterimanya,diantaranya ialah dari sains
Ambrose,dari temannya Simplicianus,dan dari neo-Platonisme.Semuanya itu
menggiringnya untukm menerima gereja kristen.Tobatlah ia pada hari paskah 25
april 378 ia dan anaknya,Adeodatus,dibaptiskan.segera setelah itu ia dan
keliarganya kembali ke Afrika.Di Ostia,pelabuhan Roma,ibunya meninggal dunia
setelah terjadi suatu pembicaraan yang indah dengannya dan direkamnya dengan confessions.
Setelah mengalami konvensi, ia mengabdikan
seluruh diirnya kepada tuhan dan melayani pengikut0pengikutnya.Setelah ia
kembali ke Tagasta pada tahun 388,ia menjual seluruh warisan,dan uang hasil
penjualan itu diberikan semuanya kepada fakir miskin.Yang tinggal hanyalah
sebuah rumah yang diubahnya menjadi suaru tempat masyarakat biarawan.Ia
sebenarnya tidak berminat menjadi seorang pendeta,tetapi pada tahun 391 ia
ditahbiskan menjadi pendeta karen didesak oleh hampir semua orang ditempat
tinggalnya dekat kota Hippo (sekarang masuk wilayah Aljazair)
Pada tahun 395-396 ia ditahbiskan lagi menjadi pembantu uskup di
hippo.Hippo adalah sebuah kota yang berpendudukan kira-kira 30.000 orang.tetapi
gereja kristen disana ridaklah kuat karena penduduknya campuran penganut
berbagai agama dan berbagai suku.Tahun terakhir kehidupannya adalah tahun-tahun
peperangan bagi Imperium Romawi.Pada bulan agustus tahun 430,Vandal yang menuju
ke Barat setelah menguasai Kartago,mengepung Hippo.Ditengah-tengah penyerbuan
pada tahun 28 agustus 430,Augustinus meninggal dunia dalam kesucian dan
kemiskinan yang memang sudah lama dijalaninya.Setelah penaklukan orang itu
orang Vandal menghancurkan semua yang dijumpai mereka kecuali gereja dan
perpustakaan Augustinus,yang dibiarka tanpa di ganggu.
Pendapat
tentang tuhan dan manusia
Perubahan keyakinan pada Augustinus menghasilkan perubahan yang
menyeluruh dalam pandangan intelektualnya.Alih-alih akla dan pemikiran kritis
diambilnya keimanan,alih-alih manusia dan kemampuannya diambilnya kedaulatan
tuhan.Intelektualisme tidak penting dalam sistemnya yang penting ialah cinta
kepada tuhan.
Terpisah dari tuhan tidak ada realitas,demikian katanya .Ungkapan
ini tidak sulit dipahami bila kita menganggap bahwa esensi hanyalah milik
tuhan,jadi hanya tuhan yang memilikinya.Tidak sulit dipahami bila kita
berpendapat bahwa hakikat yang sebenarnya adalah sebab awal hanya tuhanlah yang
merupakan sebab awal.Akan tetapi,bila dibandingkan dengan Plato,jelas pendapat
ini berbeda dengan Plato.Bagi plato,idea-idea yang tidak hanya satu itu adalah
realitas yang sesungguhnya,
Ajaran
Augustinus dapat dikatakan berpusat pada dua pool:Tuhan dan manusia.Akan tetapi
dapat juga dikatakan bahwa seluruh ajaran augustinus berpusat pada
tuhan.kesimpulan terakhir ini diambil karena ia mengatakan bahwa ia ingin
mengenal tuhan dan roh,tidak lebih dari itu.
Ia
yakin benar bahwa pemikiran dapat mengenal kebenaran,karena itu ia menolak
skeptisisme.ia mnegatakan bahwa setiap pengertian tentang kemungkinan pasti
mengandung kesungguhan.Bila orang menganggap suatu doktrin adalah
kemungkinan,ia harus menganggap bahwa di dalam doktrin itu ada kebenaran.Bila
orang ragu bahwa ia hidup,tentu ia benar-benar hidupIni dibuktikan dengan
ungkapan “if I err.I am” Ungkapan itu dimulai dari keraguan tentang
adanya dirinya,seperti pada metode Descartes.Akan tetapi,didalam keraguan itu
ia merasakan bahwa ia merasa bersalah.Dari sini ia menemukan kesungguhan adanya
diirnya,yang tadinya diragukannya.
Komentar
Posting Komentar