FILSAFAT AUGUSTINUS : Biografi dan Pemikiran

        Agustinus dari Hippo (dalaam bahasa latin disebut Aurelius Augustinus Hipponensis) lahir pada tanggal 13 November 354 dan meninggal pada tanggal 28 agustus 430 pada umur 75 tahun.Agustinus adalah seorang filsuf dan teolog kristen,awal tulisannya mempengaruhi perkembangan kekristenan barat dan filsafat barat.Ia dipandang sebagai salah seorang bapak gereja terpenting dalam kekristenan barat karena tulisan-tulisannya pada era patristik.
Agustinus mempunyai tempat tersendiri dalam sejarah filsapat.Mungkin penamaan abad augustinus (The age of augustine) seperti yang ditulis oleh mayer dalam bukunya disebabkan oleh augustinus telah meletakan dasar-dasar bagi pemikiran abad pertengahan mengadaptaskan platonisme dengan idea-idea kristen.Ia telah memberikan formulasi yang sistematis tentang filsapat kristen,sesuatu filsapat yang dominan pada katolik dan protestan.
        Stuart Hampshire dalam intoduksi bukunya,Tha Age of Reason,menyatakan bahwa filsapat adalah suatu kegiatan pikir manusia yang bersinambung.Pikiran seorang tokoh pada masa tertentu baru jelas dipahami setelah melihat hubungannya dengan pemikiran-pemikiran sebelumnya (Hampshire,1956:11).Kalau demikian,maka beberapa pemikiran sebelum Augustinus perlu dibicarakan lebih dulu.Mungkin saja pemikiran itu merupakan latar belakang pemikiran Augustinus.Disini dibicarakan secara singkat sumber filsapat kristen,golongan apologis,Clement,Origen,bapak-bapak gereja barat,dan setelah itu barulah augustinus dibicarakan.

Sumber Filsapat Kristen
Filsapat kristen yang banyak mendominasi abad pertengahan banyak berhutang budi pada pola-pola pemikiran yunani dan romawi.Ini tidak berarti bahwa teologi kristen sekadar meminjam pemikiran itu.Lebih dari itu,pemikiran lama itu disintesis serta diberi pengertian baru yang supernatural.
Pada masa permulaan kristen,doktrin tentang kepercayaan tidak rumit.agama diliputi oleh harapan akan datangnya kembali yesus kristus.Pengikut-pengikut kristen tidak tertarik pada problem-problem teologi.Akan tetapi,begitu agama kristen meluas dan mengadakan kontak dengan dunia yunani,timbulah kebutuhan akan suatu formulasi baru yang definitif tentang dogma-dogma.Formulasi itu dipandang perlu,pertama karena banyaknya muncul perbedaan pendapat yang menuju timbulnya pertikaian dan pemberontakan,kedua formulasi itu perlu melayani serangan dari para filosof kafir yang memandang kristen sebagai suatu kepercayaan takhayul serta lebih rendah dari pada filsapat yunani.Formulasi itu diperlukan untuk mengimbau masyarakat terpelajar kepada agama kristen.Tak pelak lagi,suasana ini tentulah merupakan salah satu pendorong timbulnya filsapat kristen.
Pengaruh neo-platonisme,seperti doktrin tuhan yang transendens,kejahatan hukum realitas,ketinggian kedudukan jiwa,tidak tepatnya penjelasan ilmiah tentang alam semesta,semuanya ini dapat menjadi sumber pembentukan filsapat kristen.

Golongan Apologis
Orang-orang Apologis menggunakan filsapat yunani untuk membela injil.Mereka ini antara lain ialah Justin Martyr,Minucius felix,dan Lactancius.Justin Martyr telah mempelajari filsapat stoa,aristoteles,pythagoras,dan plato.Ia berpendapat bahwa filsapat yang digabung dengan idea-idea keagamaan akan menguntungkan.Ia berpendapat bahwa esensi pengetahuan ialah pemahaman tentang tuhan.Ia menyamakan kritus dengan logos,tetapi kadang-kadang ia menggunakan istilah ini sebagai pemikiran ilahiah.Menurut pendapatnya,pikiran kita berasal dari logos ilahiah.oleh karena itu,semakin banyak kita memikirkan kesempurnaan tuhan,akan semakin bertambah kemampuan intelek kita.Ia mengatakan bahwa supremasi kristus tercapai karena ia telah mencapai kebenaran yang utuh.
Clement
Clement yang dimaksud disini ialah clement dari alexandria,lahir pada tahun 150 dan meninggal pada tahun 215.Masa ini adalah masa pembentukan teologi kristen.
Menurutnya,kehidupan moral bukan dipimpin oleh perbuatan yang bukan-bukan,melainkan oleh idea-idea yang rasional.Ia tidak menganjurkan kehidupan celibat.secara umum Clement menekankan idea moralnya pada inner motive (motif yang terdapat didalam diri sendiri).
Menurut Clement,tuhanitu diluar kategori ruang dan waktu,jadi tuhan itu transendens.Pengetahuan yang bagaimanapun tingginya tentang tuhan,selalu merupakan pengetahuan yang tidak memuaskan.esensi tuhan itu diluar jangkauan pemikiran rasional,tetapi yang dapat dipahamo tentang tuhan adalah sifatnya,bukan esensinya,bukan hakikat zatnya.Bahkan pengetahuan manusia tentang sifat tuhan itu pun bukanlah pengetahuan yang tuntas sebab semua sifat tuhan juga esensial.Karena itulah clement mengajarkan bahwa pengetahuan tentang tuhan haruslah dicapai melalui logos,bukan dengan akal rasional.melalui logos tuhan memperlihatkan kuasanya,melalui logos pula tuhan mencipta alam semesta,dan melalui logos juga manusia dapat mengenal tuhan.Logos digunakan clement sebagai jembatan antara dunia spiritual dan dunia material.
Agustinus Riwayat hidup ringkas
Agustinus lahir di Tagasta,Numidia (sekarang Algeria),pada 13 november 354.Ayahnya,Patricius,adalah seorang pejabat pada kekaisaran Romawi,yang tetap kafir sampai kematiannya pada tahun 370.Ibunya Monica (Monnica),adalah penganjt kristen yang amat taat.dalam bahasa latin Augustinus dikenal dengan nama Aurelius Augustinus.Pendidikan yang mula-mula diterimanya ialah dalam bidang gramatika dan aritmetika.Ia sangat benci kepada gurunya yang menggunakan hukuman dalam metode mengajar.Bahasa yunani dibencinya sehingga ia tidak mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang bahasa itu.
Tatkala berumur 11 tahun,ia dikirim kesekolah madaurus,suatu tempat orang kafir atau sebutlah lingkungan kafir.Lingkungan itu telah mempengaruhi perkembangan moral dan agamanya sementara ibunya selalu mendoakan agar anaknya itu menerima ajaran kristen. Keinginan ibunya ditulis oleh Augustinus dalam bukunya confessions,yang bila diterjemahkan kira-kira berarti “pengakuan”atau “sahadat”.Tahun 369-370 dihabiskannya dirumah sebagai penganggur,tetapi suatu bacaan tentang Cicero pada bukunya,Hortensius telah membimbingnya ke filsapat.
Pada tahun 370,karena bantuan kawannya,Romanianus ia pergi ke Kartago.Disana ia tinggal bersama seorang guru wanita yang melahirkan seorang anak untuknya yang bernama Adeodatus pada taun 371.Disana ia menjadi seorang Manichean,yaitu suaru ajaran agama yang mengajarkan bahwa mani adalah nabi yang terakhir,benar-benar sebagia juru selamat yang dijanjikan oleh kristus.Ia lahir dipersia tahun 216.Pada tahu 373-374 ia mengajar di Tagasta,dan sembilan tahun berikitnya ia mengajar di Kartago.Kemudian ia pindah ke Roma,dan disana ia mendirikan sekolah netorika,dan iapun meninggalkan ajaran mani,lalu menjadi seorang skeptis.Setahun kemudian ia mendirikan sekolah di Milan.
Ada beberapa pengaruh yang diterimanya,diantaranya ialah dari sains Ambrose,dari temannya Simplicianus,dan dari neo-Platonisme.Semuanya itu menggiringnya untukm menerima gereja kristen.Tobatlah ia pada hari paskah 25 april 378 ia dan anaknya,Adeodatus,dibaptiskan.segera setelah itu ia dan keliarganya kembali ke Afrika.Di Ostia,pelabuhan Roma,ibunya meninggal dunia setelah terjadi suatu pembicaraan yang indah dengannya dan direkamnya dengan confessions.
Setelah mengalami konvensi, ia mengabdikan seluruh diirnya kepada tuhan dan melayani pengikut0pengikutnya.Setelah ia kembali ke Tagasta pada tahun 388,ia menjual seluruh warisan,dan uang hasil penjualan itu diberikan semuanya kepada fakir miskin.Yang tinggal hanyalah sebuah rumah yang diubahnya menjadi suaru tempat masyarakat biarawan.Ia sebenarnya tidak berminat menjadi seorang pendeta,tetapi pada tahun 391 ia ditahbiskan menjadi pendeta karen didesak oleh hampir semua orang ditempat tinggalnya dekat kota Hippo (sekarang masuk wilayah Aljazair)
Pada tahun 395-396 ia ditahbiskan lagi menjadi pembantu uskup di hippo.Hippo adalah sebuah kota yang berpendudukan kira-kira 30.000 orang.tetapi gereja kristen disana ridaklah kuat karena penduduknya campuran penganut berbagai agama dan berbagai suku.Tahun terakhir kehidupannya adalah tahun-tahun peperangan bagi Imperium Romawi.Pada bulan agustus tahun 430,Vandal yang menuju ke Barat setelah menguasai Kartago,mengepung Hippo.Ditengah-tengah penyerbuan pada tahun 28 agustus 430,Augustinus meninggal dunia dalam kesucian dan kemiskinan yang memang sudah lama dijalaninya.Setelah penaklukan orang itu orang Vandal menghancurkan semua yang dijumpai mereka kecuali gereja dan perpustakaan Augustinus,yang dibiarka tanpa di ganggu.

Pendapat tentang tuhan dan manusia
Perubahan keyakinan pada Augustinus menghasilkan perubahan yang menyeluruh dalam pandangan intelektualnya.Alih-alih akla dan pemikiran kritis diambilnya keimanan,alih-alih manusia dan kemampuannya diambilnya kedaulatan tuhan.Intelektualisme tidak penting dalam sistemnya yang penting ialah cinta kepada tuhan.
Terpisah dari tuhan tidak ada realitas,demikian katanya .Ungkapan ini tidak sulit dipahami bila kita menganggap bahwa esensi hanyalah milik tuhan,jadi hanya tuhan yang memilikinya.Tidak sulit dipahami bila kita berpendapat bahwa hakikat yang sebenarnya adalah sebab awal hanya tuhanlah yang merupakan sebab awal.Akan tetapi,bila dibandingkan dengan Plato,jelas pendapat ini berbeda dengan Plato.Bagi plato,idea-idea yang tidak hanya satu itu adalah realitas yang sesungguhnya,
Ajaran Augustinus dapat dikatakan berpusat pada dua pool:Tuhan dan manusia.Akan tetapi dapat juga dikatakan bahwa seluruh ajaran augustinus berpusat pada tuhan.kesimpulan terakhir ini diambil karena ia mengatakan bahwa ia ingin mengenal tuhan dan roh,tidak lebih dari itu.
Ia yakin benar bahwa pemikiran dapat mengenal kebenaran,karena itu ia menolak skeptisisme.ia mnegatakan bahwa setiap pengertian tentang kemungkinan pasti mengandung kesungguhan.Bila orang menganggap suatu doktrin adalah kemungkinan,ia harus menganggap bahwa di dalam doktrin itu ada kebenaran.Bila orang ragu bahwa ia hidup,tentu ia benar-benar hidupIni dibuktikan dengan ungkapan “if I err.I am” Ungkapan itu dimulai dari keraguan tentang adanya dirinya,seperti pada metode Descartes.Akan tetapi,didalam keraguan itu ia merasakan bahwa ia merasa bersalah.Dari sini ia menemukan kesungguhan adanya diirnya,yang tadinya diragukannya.

Komentar